Cara Memulai Jualan Online Bagi Pemula




Cara Mulai Bisnis Jualan Online
Jika pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan rahasia produk apa yang laku dijual di internet, saya anggap Anda sekarang sudah memutuskan mau jualan apa. Sebelum melangkah lebih jauh lagi, saya ingin memberi sedikit saran kepada Anda. Begini, saya memang mengatakan bahwa semua barang itu laku dijual di internet, tapi sebaiknya sebagai permulaan, Anda memilih barang yang Anda sukai. Jika Anda suka dengan pakaian, bolehlah Anda berjualan produk pakaian. Jika Anda suka kegiatan bercocok tanam, Anda dapat menjual benih cabai, tanaman sayur, maupun tanaman bunga yang lain. Kaitkan hobi Anda dengan produk yang akan Anda jual.

Kenapa mesti begitu? Kegiatan berjualan tidak hanya sekedar bersemangat diawal saja. Anda harus pikirkan juga perjalanan Anda ke depan. Jangan sampai, aktivitas berjualan Anda hanya berjalan 2 bulan saja, kemudian berhenti, karena Anda merasa bosan, malas, ataupun merasa tidak cocok dengan produk yang Anda jual. Paham? Dengan menjual barang yang Anda sukai, Anda tentu tidak akan merasa bosan atau terbebani. Dengan memilih barang yang dekat dengan Anda, saya juga yakin sedikit banyak Anda sudah mengenal barang tersebut, baik kelebihan maupun kekurangannya. Hal ini nantinya akan menjadi nilai tambah ketika Anda menjual dan menjelaskan produk Anda kepada pelanggan.

Oke, saya lanjutkan lagi. Sudah ketemu produk yang akan Anda jual secara online? Jika sudah, sekarang pikirkan bagaimana Anda memperoleh produk tersebut. Sebenarnya ada banyak cara guna mendapatkan produk dan barang untuk dijual secara online di internet.

Pilihan yang pertama, Anda membuat sendiri barang yang akan Anda pasarkan di internet. Hal ini tentu sangat baik, terlebih jika barang yang Anda jual itu unik dan belum ada yang menjualnya. Perhatikan baik-baik mutu dan kualitas barang yang Anda produksi. Seandainya bisnis sudah berjalan, dan sedang banyak pesanan, pastikan Anda mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan Anda misalnya tentang ketersediaan barang dan kualitas yang tetap terjaga.

Jika Anda tidak ingin membuat produk sendiri, Anda dapat mencoba mencari supplier atau pemasok barang yang akan Anda pasarkan secara online. Bisa dari tetangga Anda, bisa juga mendatangi tempat-tempat tertentu untuk mencari produk yang akan Anda jual misal pasar Golodok, pasar Asemka, pasar Senen, pasar Bringharjo, dll. Cara lain bisa juga menghubungi importir barang-barang China guna mendatangkan produk-produk yang Anda cari dengan harga miring dan terjangkau.

Merasa repot dengan kedua cara diatas? Anda juga dapat mencoba mengikuti program dropship. Maksudnya, Anda bertindak sebagai reseller. Anda menjual barang orang lain dengan nama Anda sendiri. Anda tidak perlu memiliki stock barang. Anda tinggal memajang produk, mencari pembeli, memasarkan secara online, dan jika ada pembeli yang datang, Anda tinggal menghubungi penjual aslinya untuk mengirimkan pesanan kepada pembeli Anda. Mudah kan? Anda hnay tinggal mencari penjual online yang memberikan program dropship dan menghubunginya.

Masih tidak cocok juga? Anda dapat mengikuti program afiliasi. Caranya Anda cukup mencari program afiliasi yang menjual produk incaran Anda. Daftarkan diri Anda guna mendapatkan link afiliasi. Pajang link dan promosikan link tersebut. Anda akan mendapatkan komisi jika berhasil mendatangkan pembeli dari link milik Anda yang telah Anda sebar itu. 

Program afiliasi ini lebih simpel dibanding dengan program dropship, karena penyedia program langsung dapat mengetahui dari mana datangnya pembeli dengan link yang telah dibagikan kepada membernya. Jadi, jika terjadi penjualan, Anda tidak perlu repot-repot menghubungi penyedia layanan seperti jika Anda bergabung dengan program dropship.

Demikianlah ulasan cara memulai jualan online bagi Anda yang masih pemula. Bagaimanapun perencanaan tetap menjadi bagian yang penting. Rencanakan dan putuskan barang apa yang akan Anda jual dan tentukan pula bagaimana Anda mendapatkan produk tersebut hingga akhirnya Anda dapat memasarkannya. Tetaplah fokus dan berjalan setahap demi setahap. Yang penting Anda yakin dan jangan takut serta jangan menunda untuk segera melakukan ACTION! Tetap semangat guys, nantikan cara-cara bisnis online selanjutnya. Good Luck Guys!

Cara Memulai Jualan Online Bagi Pemula Cara Memulai Jualan Online Bagi Pemula Reviewed by Unknown on Friday, September 19, 2014 Rating: 5
Powered by Blogger.